Mengisi Baris Kosong pada Excel Sesuai Isian di Atasnya

Mengisi Baris Kosong pada Excel Sesuai Isian di Atasnya

Penyajian data tabel yang baik, dimana angka-angka maupun tulisan yang ada dalam tabel tersebut, akan dengan mudah dapat dianalisis ataupun digunakan dalam berbagai aplikasi atau pekerjaan yang lain. Dalam tabel tersebut, semua baris maupun kolom yang ada pada tabel tersebut ada nilainya. Jika tidak ada nilainya, bisa dikatakan “NULL” atau no data.
Namun, sering kita jumpai tabel yang dibuat, bahkan dijadikan sebagai suatu rujukan sumber data, menyisakan beberapa kolom atau baris kosong pada tabel tersebut. Bisa karena di-merge antar cell, tidak ada data, atau bahkan mungkin sebenarnya ada data, tapi tidak dituliskan dalam cell tersebut. Karena nilai pada cell tersebut sama dengan nilai / isian cell di atasnya, sehingga terkadang cell tersebut dikosongkan.
Sebagai contohnya seperti pada tabel di bawah ini

Untuk mengisikan cell kosong tersebut dengan nilai / isian seperti di atasnya, bisa dilakukan dengan cara seperti ini :
  1. Klik pada cell yang akan digunakan sebagai acuan nilai, kemudian arahkan kursor pada bagian pojok kiri bawah dari cell tersebut sampai icon kursor berubah menjadi tanda tambah berwarna hitam
    Screenshot_1
  2.  Masih tetap dalam kondisi icon tanda tambah berwarna hitam, klik kiri 2 x. Maka beberapa baris kosong di bawahnya akan terisi sesuai dengan isian baris diatasnya (yang digunakan sebagai acuan).
    Screenshot_2
  3. Lakukan cara yang sama untuk setiap nilai acuan / untuk setiap bagian, berdasarkan kesamaan nilai isian.
    Screenshot_4
  4. Cara ini cukup membantu, apabila jumlah baris dengan variasi nilai isian yang tidak banyak (misal hanya 100 baris dengan 3 kemungkinan isian nilai yang berbeda).
Apabila berhadapan dengan tabel yang mempunyai jumlah baris yang mencapai puluhan ribu dan mempunyai banyak variasi nilai isian yang berbeda, diperlukan lebih banyak waktu dan usaha untuk melakukannya.
Ada satu cara yang mempermudah pengguna untuk mengisi baris yang kosong pada contoh kasus di atas.
  1. Sorot semua kolom yang mempunyai baris yang kosong.
    Screenshot_5
  2. Pada menu Home, pilih Find & Select –> Go To Special…
    Screenshot_6
  3. Pada Jendela Go To Special, pilih Blank.
    Screenshot_7
  4. Semua baris dan kolom pada area yang tersorot akan terpilih.
    Screenshot_8
  5. Akan muncul satu sheet kosong yang bisa langsung diisi.
    Screenshot_10
  6. Isikan dengan formula “=(sheet diatasnya/sheet acuan)” –> pada gambar dicontohkan dengan mengetik formula “=A2“.
    Screenshot_11
  7. Jangan langsung menekan “Enter“, tetapi tekan “Ctrl + Enter” bersamaan. Semua kolom yang kosong akan langsung terisi sesuai dengan contoh gambar berikut.
    Screenshot_12
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain.
Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Menghapus Baris Enter di Sel Excel

Cara Menghapus Sebagian Karakter di Excel Dengan Rumus LEFT(LEN

Cara Cepat Copy Sel untuk Mengisi Sel yang Kosong di Bawahnya